R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Inovasi APAM Barabai RSHD Barabai Terima Penghargaan TOP 45 KIPP KemenPANRB 2021

Inovasi APAM Barabai RSHD Barabai Terima Penghargaan TOP 45 KIPP KemenPANRB 2021

Ditulis oleh didiand pada 09 Nopember 2021, 10:45
rshd, Barabai, HST, inovasi, top, publik, layanan

Inovasi APAM Barabai atau Aplikasi Pasien dan Aduan Masyarakat Barabai secara resmi mendapat Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo, pada ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Tahun 2021, Selasa (9/11/2021). Puncak pemberian penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik dilakukan secara virtual.

Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah H. Aulia Oktafiandi bersama dr. Nanda Sujud Andi Yudha Utama selalu Direktur RSUD H. Damanhuri Barabai serta drg. Faisol Basoro sebagai Inovator APAM Barabai RSUD H. Damanhuri Barabai mengangkat piala dan piagam penghargaan yang kemudian berfoto bersama dengan Menteri PANRB, Tjahjo Kumolo.

Deputi Bidang Pelayanan Publik (KemenPANRB) Diah Natalisa menyampaikan, bahwa kementerian lembaga dan Pemerintah Daerah melakukan upaya untuk termasuk memberikan dorongan untuk memberikan upaya peningkatan pelayanan publik.

‘’Dorongan yang dimaksud adalah menciptakan partisipasi publik untuk menumbuhkan, meningkatkan pelayanan pada sektor pemerintahan, salah satunya strateginya adalah memberikan pengahargan kepada penyelenggara pelayanan publik seperti lembaga, pemerintah, kementerian, BUMN, BUMD yang melaksanakan public service obligation yang memiliki prestasi dibidang pelayanan publik,’’ katanya.

Seperti diketahui, sesuai pengumuman dari Menteri PANRB Nomor B/181/PP.00.05/2021 Tanggal 29 Juli Tahun 2021 APAM Barabai atau Aplikasi Pasien dan Aduan Masyarakat Barabai dari RSUD H. Damanhuri Barabai Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah sebagai perwakilan yang berhasil terpilih sebagai salah satu TOP Inovasi Pelayanan Publik Terpuji atau TOP 45 Inovasi Pelayanan Publik kategori umum.

Sebelumnya inovasi APAM Barabai berhasil lolos seleksi Final TOP 99 setelah melalui tahap presentasi dan wawancara dihadapan Tim Penilai Independen KIPP 2021 pada tanggal 13 Juli 2021.

Sebagai peserta Kompetisi Kategori Umum, APAM Barabai Klatser Kabupaten bersaing bersama 99 inovasi lainnya dari Kementerian, lembaga negara, BUMN, BUMD, dan Pemerintah Tingkat Provinsi serta Kabupaten/Kota.

Pengumuman pemenang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji tersebut telah diperkuat dengan Keputusan Menteri PANRB Nomor 1024 Tahun 2021 tanggal 28 Juli tentang Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021.

Dalam Keputusan Menteri disebutkan bahwa APAM Barabai berhak menyandang gelar sebagai Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021 bersama 45 Inovasi kategori Umum Lainnya. Disebutkan bahwa urutan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah Tahun 2021 disusun berdasarkan abjad intansi dan tidak menggambarkan peringkat.

Hal tersebut menunjukkan bahwa APAM Barabai sejajar dengan inovasi-inovasi Terpuji lainnya yang diusung oleh perwakilan Kementerian/Lembaga, BUMN/BUMD dan Pemerintah Daerah lain di seluruh Indonesia.

Dalam sesi paparan dan wawancara pada Selasa 13 Juli 2021 lalu, yang diikuti oleh Bupati Kabupaten Hulu Sungai Tengah H. Aulia Oktafiandi didampingi dr. Nanda Sujud Andi Yudha Utama selalu Direktur RSUD H. Damanhuri Barabai serta drg. Faisol Basoro sebagai Inovator APAM Barabai yang terpilih TOP 45 KIPP 2021 ini merupakan terobosan RSUD H. Damanhuri Barabai dalam menjawab kebutuhaan masyarakat akan layanan yang cepat, mudah dan dapat diakses dari mana saja.

Silakan klik disini untuk acara Pemberian Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 secara virtual.