R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Jelang Re-Akreditasi, RSHD Menyelenggarakan Pit Stop

Jelang Re-Akreditasi, RSHD Menyelenggarakan Pit Stop

Ditulis oleh didiand pada 28 Nopember 2018, 09:43
rshd, Barabai, Acara, Akreditasi, Paripurna, Pitstop

Rumah Sakit H. Damanhuri Barabai telah berkomitmen untuk menjadi rumah sakit kelas C terakreditasi paripurna pada Desember 2018, hal ini sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan secara berkesinambungan. Sebagai bentuk dari pengakuan pemerintah bahwa RSHD Barabai telah memenuhi standar mutu tertentu, maka RSHD Barabai mempersiapkan diri untuk dapat dinilai oleh satu lembaga independen yang dipercaya oleh pemerintah sebagai penilai atas mutu pelayanan rumah sakit, yaitu KARS (Komite Akreditasi Rumah Sakit).

Dalam rangka pencapaian akreditasi rumah sakit selanjutnya Tim Akreditasi RSHD mengadakan Pit Stop Akreditasi di mana acara ini merupakan bentuk refreshing standar-standar mutu pelayanan dan patient safety dengan konsep kegiatan belajar yang menyenangkan, sehingga diharapkan hasil pemahaman yang maksimal bagi peserta Pit Stop.

Acara Pit Stop yang dibuka oleh dr. Muhammad Asnal, Sp.B, FinaCS, selaku Direktur Rumah Sakit H. Damanhuri Barabai merupakan kegiatan sosialisasi dari beberapa Kelompok Kerja (Pokja), yaitu: pokja MFK (Manajemen Fasilitas dan Keselamatan), PPI (Pencegahan dan Pengendalian Infeksi), HPK (Hak Pasien dan Keluarga), PP (Pelayanan Pasien) dan SKP (Sasaran Keselamatan Pasien) kepada para karyawan RSHD Barabai meliputi karyawan medis dan non-medis.

Pada acara Pit Stop RSHD yang diadakan di Aula RSHD Barabai Selama kegiatan berlangsung, peserta diberikan sosialiasi mengenai Pencegahan Infeksi, Hand Hygiene/Gerakan Cuci Tangan, Pasien Safety dan Identifikasi Pasien, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Jalur Evakuasi, dan APAR, Informasi Resiko Pasien Jatuh, Bantuan Hidup Dasar (BHD), Informasi Hak Pasien dan Komunikasi Efektif.

Acara yang diadakan pada tanggal 21, 22 dan 24 Nopember 2018, menurut ketua Tim Akreditasi dr. Nanda Sujud Andi Yudha Utama, Sp. B Acara, “tujuan Pit Stop akreditasi ini adalah untuk mempercepat proses sosialisasi yang terdapat pada elemen penilaian akreditasi, selain itu untuk mempercepat pemahaman dan implementasi materi akreditasi yang wajib dikuasai oleh seluruh karyawan RSHD Barabai”.

Partisipasi peserta secara keseluruhan dalam mengikuti acara mencapai 418 orang dari target 478 orang. Artinya, sudah mencapai target peserta sebesar 87,5 % dari keseluruhan peserta. Lalu, berdasarkan angket yang sudah disebarkan, dapat ditarik kesimpulan bahwa lebih dari 90% peserta menganggap bahwa Pitstop merupakan kegiatan yang menyenangka