R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
KELOLA SAMPAH DAUR ULANG RSHD KERJA SAMA DENGAN DLHP MENDIRIKAN BANK SAMPAH

KELOLA SAMPAH DAUR ULANG RSHD KERJA SAMA DENGAN DLHP MENDIRIKAN BANK SAMPAH

Ditulis oleh Rumah Tangga Hukum dan Humas pada 06 Oktober 2024, 08:10

"Kegiatan pengumpulan sampah daur ulang yang resmi di RSHD dikelola oleh Bank Sampah bekerja sama dengan DLHP HST" kata dr. Nanda 

Pengelolaan sampah daur ulang di RSHD Barabai saat ini dikelola oleh Bank Sampah bekerja sama dengan DLHP HST. Hal ini dilakukan agar jual beli sampah bekas daur ulang seperti kardus-kardus bekas yang selama ini tidak terkontrol bisa lebih terkontrol dan bermanfaat. Bank Sampah unit RSHD ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur RSUD H. Damanhuri Barabai pada tanggal 22 januari 2024.


Dihubungi tim humas RSHD, Direktur Bank Sampah RSHD Sultan Abdillah Bintang Qalbie yang akrab disapa Boy menjelaskan dengan detail mengenai alur dan SOP pengelolaan Bank Sampah sebagai berikut:

  1. Pemilahan sampah dari sumbernya, nasabah harus memilh sampah sebelum disetorkan ke Bank Sampah berdasarkan jenisnya.
  2. Penyetoran sampah ke Bank Sampah sesuai dengan waktu penyetoran sampah yang sudah disepakati.
  3. Penimbangan, sampah yang sudah disetorkan kemudian ditimbang, berat sampah yang disetorkan sesuai dengan harga yang sudah ditentukan.
  4. Pengangkutan Bank Sampah sudah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan HST yaitu Bank Sampah Murakata yang sudah disepakati, sehingga setelah sampah terkumpul, ditimbang dan dicatat langsung diangkut ke tempat pengolahan yang sudah disepakati yaitu Bank Sampah Murakata sehingga tidak terjadi penumpukan sampah.
  5. Pencatatan, petugas akan mencarat jenis dan bobot sampah setelah penimbangan. Hasil penimbangan tersebut kemudian dikonversi kedalam nilai rupiah yang kemudian ditulis di buku tabungan.
  6. Hasil dari penjualan dimasukkan dalam kas RSUD H. Damanhuri Barabai.


Pada tahun 2024 Inovasi Pengelolaan Bank Sampah yang dijadikan tema inovasi dalam penilaian nakes teladan oleh Direktur Bank Sampah RSHD Barabai Sultan Abdillah Bintang Qalbie, S.Tr.Kes berhasil mendapat penghargaan terbaik ll sebagai Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Kesehatan Lingkungan tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.


Dengan adanya Bank Sampah di RSHD Barabai yang dikelola secara profesional, diharapkan sampah-sampah yang masih bisa didaur ulang termanfaatkan dan terkontrol dari aktivitas ilegal jual beli yang tidak sepengetahuan pihak manajemen RSHD Barabai. (fei)


link tautan video:

https://www.instagram.com/reel/DA2BF3tvhWx/?igsh=MXM0cm5qd25kZHg3eA==

https://vt.tiktok.com/ZS2vJ3Kd3/

https://www.facebook.com/share/r/1586LGGydd/