R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Launching Inovasi MANCAP (Damanhuri CAPD)  Oleh Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai, Cuci Darah Mandiri  Bisa Dilakukan Oleh Pasien dan Keluarga Di Rumah

Launching Inovasi MANCAP (Damanhuri CAPD) Oleh Rumah Sakit Umum Daerah H. Damanhuri Barabai, Cuci Darah Mandiri Bisa Dilakukan Oleh Pasien dan Keluarga Di Rumah

Ditulis oleh Bagian Hubungan Masyarakat pada 06 Nopember 2023, 15:25
rshd, RSUD, RSUD H. Damanhuri Barabai , BPJS, CAPD, HD

Inovasi Pelayanan CAPD yaitu Ambulatory Peritoneal Dialysis, CAPD ini adalah metode Hemodialisis atau cuci darah mandiri yang bisa dilakukan oleh pasien dan keluarga di rumah, tentunya dengan adanya kemandirian dari pasien dan keluarga dalam proses cuci darah akan meningkatkan kepatuhan dan outcome hasil dari cuci darah itu sendiriā€

BARABAI- rshdbarabi.com Launching Inovasi Pelayanan CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) Rumah Sakit Umum H. Damanhuri Barabai (RSHD) telah diresmikan oleh Bupati Hulu Sungai Tengah, H. Aulia Oktafiandi, S.T., M.AppCom. saat meminpin Apel Pagi di halaman Kantor Bupati Hulu Sungai Tengah, Senin (06/11).

 

CAPD ini adalah metode Hemodialisis atau cuci darah mandiri yang bisa dilakukan oleh pasien dan keluarga di rumah. Tentunya dengan adanya kemandirian dari pasien dan keluarga dalam proses cuci darah akan meningkatkan kepatuhan dan outcome hasil dari cuci darah itu sendiri.

Kabar baiknya, semua biaya CAPD ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Di Kalimantan Selatan hanya ada dua rumah sakit yang bisa menerapkan metode ini. Yakni RSUD Ulin Banjarmasin dan RSUD H Damanhuri Barabai.

 

"Hemodialisis RSUD H Damanhuri Barabai sudah berdiri sejak 6 tahun yang lalu yaitu pada tanggal 16 november 2016,  dari mulai empat mesin berkembang menjadi 22 mesin hemodialisis di tahun 2023," kata Direktur RSUD, dr Nanda Sujud Andi Yudha Utama.

 

Terpisah, dokter umum unit pelayanan hemodialisis, dr Farah Diba mengatakan bagi masyarakat di Banua Enam yang menderita gagal ginjal kronis, RSHD Barabai siap memberikan pelayanan dialisis dengan metode CAPD.

 

"Jangan khawatir," tegasnya.

 

dr Farah menambahkan, ruangan hemodialisis di RSUD H Damanhuri Barabai juga nyaman dan aman. Ditambah tim dokter dan perawat yang berpengalaman serta berkompeten.

 

"Juga tersedia ruangan khusus untuk peritoneal dialisis disertai dengan ruang konsultasi maupun ruang tindakan," tambahnya.

 

Salah satu unggulan dari Pelayanan Hemodialisis di RSUD H Damanhuri Barabai adalah menyediakan pelayanan hemodialisa untuk pasien-pasien yang menderita Hepatitis B, HIV ATB dan Covid-19.

 

dr Nanda menambahkan, CAPD ini merupakan metode khusus yang dinilai lebih nyaman dan aman bagi pasien. Metode CAPD ini ialah metode cuci darah melalui rongga perut dengan memasukkan kateter yang dimasukkan ke dalam rongga perut pasien yang mengalami gagal ginjal kronis.

 

"Inovasi pelayanan yang dilauching ini adalah salah satu inovasi pelayanan yang telah diterapkan di RSUD H. Damanhuri Barabai," tambahnya.

 

Di RSHD Telah tersedia tiga mesin  untuk pasien-pasien yang memang berkebutuhan khusus dalam pelayanan hemodialisis serta ruangan tunggu pasien yang dilengkapi dengan fasilitas ruangan ber AC dan internet.

 

"Menjalani Hemodialisis bukanlah hal yang mudah oleh karena itu RSHD akan memberikan perawatan terbaik agar anda dapat menjalani Hemodialisis dengan nyaman dan aman,  juga memberi dukungan kepada keluarga dan pasien dengan menyediakan fasilitas ruang perawatan yang aman dan nyaman.

RSHD ingin memastikan anda dapat jalani hidup yang berkualitas bahkan dengan menjalani Hemodialisis dan Peritoneial Dialisis," tutupnya