R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Pelayanan Prima, RSHD Barabai Gelar Pedampingan Pemantauan Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024

Pelayanan Prima, RSHD Barabai Gelar Pedampingan Pemantauan Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024

Ditulis oleh Bagian Hubungan Masyarakat pada 30 Mey 2024, 14:35
HST, PEKPPP, RSHD Barabai, PENDAMPINGAN

Dokter Nanda Sujud Andi Yudha Utama,Sp.B, Direktur RSHD Barabai mengatakan ini adalah upayanya meningkatkan kualitas pelayanan publik di RSUD H Damanhuri Barabai, sekaligus meminta pendampingan langsung terkait pemenuhan bukti dukung  pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik (PEKPPP), ini sangatlah penting, untuk melakukan perbaikan semua Aspek Pelayanan Publik yang harus berdampak baik untuk masyarakat.

PEBARABAI- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) H Damanhuri Barabai mengadakan Pendampingan dalam rangka pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik (PEKPPP) Tahun 2024 bertempat di Aula Lantai 2, Rabu 29 Mei 2024.

Kegiatan yang mendatangkan Tim Evaluator Internal PEKPPP Pandji Saputra, S. I. Kom  dari Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Kediputian Bidang Pelayanan Publik KemenpanRB   didampingi Muhammad Irfan Wahyuddin, SE perwakilan Biro Organisasi Setda Provinsi Kalimantan Selatan beserta Nahdiyati dari Bagian Organisasi Setda Kabupaten Hulu Sungai Tengah untuk memantau dan memberikan masukan serta bimbingan terhadap unit lokus yang telah diajukan dalam PEKPPP Tahun 2024.  Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di RSUD H Damanhuri Barabai.


Dokter Nanda Sujud Andi Yudha Utama,Sp.B, Direktur RSHD Barabai mengatakan ini adalah upayanya meningkatkan kualitas pelayanan publik di RSUD H Damanhuri Barabai, sekaligus meminta pendampingan langsung terkait pemenuhan bukti dukung  pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik (PEKPPP) ini sangatlah penting, untuk melakukan perbaikan semua Aspek Pelayanan Publik yang harus berdampak baik untuk masyarakat.

Sebelumnya Nilai Indeks Pelayanan Publik dalam Pelaksanaan PEKPPP tahun 2023 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Indeks 4,52 masuk Kategori Pelayanan Prima, Peringkat Keenam dari kurang lebih 480 Lingkup Pemerintah Kabupaten/Kota Seluruh Indonesia.


RSUD H. Damanhuri Barabai (bidang Jasa) memperoleh Nilai Indeks 4,67 (A) dari  3 (Tiga) Lokus UPP di Kabupaten Hulu Sungai Tengah yang dilakukan penilaian Pemantauan Dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2023 yaitu, Kecamatan Labuan Amas Utara (Administrasi) dengan Nilai Indeks 4,46 (A-), dan Dinas Sosial (Barang) dengan Nilai Indeks 4,42 (A-).

Maka melalui pendanpingan ini,  perlu strategi evaluasi fokus terhadap layanan publik, evaluasi berkala dan pembinaan, serta kerjasama yang baik antara RSUD H Damanhuri Barabai dan pihak terkait lainnya.

Nanda juga mengharapkan bukan sekedar nilai yang diraih dalam PEKPPP tapi dengan pendampingan langsung ini,  dapat mencipta pelayanan publik yang lebih baik, efektif, dan berkualitas sesuai apa yang dirasakan masyarakat.

Indikator evaluasi pelayanan publik yang jadi bahasan yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, sistem informasi, konsultasi pengaduan, serta inovasi pelayanan yang telah diterapkan akan di lakukan pemantauan dan Evaluasi Tahun 2024 ini.




Asisten Deputi Perumusan Sistem dan Strategi Kebijakan Pelayanan Publik KemenpanRB Pandji Saputra, S.I.Kom dalam kunjungannya memberikan masukan akan pentingnya membuat Standar Pelayanan yang benar sesuai kebutuhan pengguna layanan.

‘’Standar pelayanan dibuat kerena ada penggunanya, maka diperlukan bahasa yang paling sederhana untuk memudahkan penggunanya’’

Kebersihan lingkungan, fasilitas sarana kelompok rentan, dan sarana konsultasi dan  pengaduan juga diharapkan ditingkatkan.

Sistem Informasi Pelayanan Publik yang telah diterapkan oleh RSUD H Damanhuri Barabai sangat Apreasiasi saat pendampingan ini, serta penerapan Inovasi diharapkan bisa lebih ditingkatkan untuk kemudahan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan di RSUD H Damanhuri Barabai

Panji berpesan dengan adanya pemantauan dan evaluasi mandiri secara berkala oleh RSUD H Damanhuri Barabai dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan publiknya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan tentunya bisa mempertahankan sebagai penyelanggara  Pelayanan Publik yang Prima. (han)