R S H D B A R A B A I
Jl. Murakata 04 Barabai - Kalimantan Selatan
Telepon: 0811-800-5050
Pagi (08:00 - 11:00) Sore (14:00 - 16:00)

RSHD Barabai

Extra info thumb
  • Jl. Murakata No. 04 Barabai - Kalimantan Selatan
  • (0517) 41779
  • rshd@hulusungaitengahkab.go.id
Sistem Anjungan Mandiri Kurangi Antrian Pasien di RSHD

Sistem Anjungan Mandiri Kurangi Antrian Pasien di RSHD

Ditulis oleh didiand pada 09 Desember 2018, 10:40
Online, Barabai, Antrian, APAM, Pendaftaran

Instalasi ICT melakukan inovasi berupa anjungan pasien mandiri (APaM).

Antrian pasien RSUD H. Damanhuri membludak? Menunggunya juga lama. Itu pemandangan biasa sejak beberapa tahun terakhir. Antrian di RSUD H. Damanhuri Barabai dimulai sejak dini hari. Keadaan ini membuat Instalasi ICT melakukan inovasi berupa anjungan pasien mandiri (APaM).

Untuk memastikan inovasi ini berjalan sukses, perlu dilakukan uji coba. dengan uji coba sistem anjungan pendaftaran mandiri untuk pasien poli spesialis rawat jalan yang dibuat dikhususkan untuk pasien kontrol setelah pulang dari kamar inap maupun yang dikontrolkan ulang dari poliklinik oleh dokter spesialis.

Keberadaan anjungan ini juga didukung oleh sistem informasi rumah sakit yang terintegrasi langsung dengan mesin APaM tersebut.

Untuk saat ini ketika datang ke RSUD H. Damanhuri Barabai, pasien ataupun keluarga pasien yang ingin mendaftar untuk kontrol bisa langsung mendaftar menuju mesin APaM untuk mendaftar kontrol ke tanggal yang sudah ditentukan oleh dokter spesialis didalam surat keterangan pulang dari kamar inap yang bersangkutan ataupun surat kontrol ulang dari poliklinik yang sudah diberikan oleh dokter spesialis, kemudian pasien memencetak bukti register dimesin APaM, lalu saat pasien ingin kontrol ditanggal yang sudah dipilih dan membawa bukti register tersebut diperlihat, pasien tinggal menunggu dipoliklinik tujuan.

Untuk saat ini pasien yang bisa mendaftar di mesin APaM ini adalah pasien yang sudah pernah berobat ke RSUD H. Damanhuri Barabai dan mempunyai kartu berobat RSUD H. Damanhuri Barabai.

Pasien atau keluarga pasien bisa mendaftar untuk 30 hari kedepan dimesin APaM.

Salah satu warga Barabai, Danial (25), juga merasakan kecepatan pelayanan anjungan ini. Dirinya sering menghabiskan banyak waktu hanya untuk mendaftarkan ibunya untuk rawat jalan. Padahal antrian juga harus dilakukan saat menunggu dokter dipoliklinik.

“Kalau sekarang gampang karena sudah dapat nomor antrian, bisa langsung menunggu dipoliklinik tujuan. Jadi nggak perlu lama-lama di rumah sakit. Bisa saya tinggal kerja,” ungkapnya usai mengambil antrian di mesin Anjungan Pasien Mandiri (APaM), Selasa (18/9/2018).